Hyundai Matrix
(atau Lavita di beberapa negara Asia Timur) pertama kali diperkenalkan
pada tahun 2001 untuk menggantikan Hyundai Santamo (rebadge dari
Mitsubishi Chariot / Spacewagon) yang telah jatuh tempo untuk
mendapatkan pengganti. Eksteriornya dirancang oleh perusahaan desain
mobil Pininfarina yang terkenal sebagai perancang desain untuk berbagai
produsen mobil high end. Walaupun tampangnya terlihat aneh, namun mobil
yang sangat fungsional ini dapat melakukan semua tugas. Seperti kata
pepatah, kecantikan hanya kulit luarnya saja.
Hyundai Asia Resources Incorporated di mengambil keberanian untuk meluncurkan Matrix pada tahun 2002. Sejak itu, Hyundai mendapat berbagai respon dari konsumen baik itu pujian ataupun tanggapan miring. Sebagian konsumen memuji fleksibilitas
interior yang ditawarkan sementara beberapa diantaranya memberikan
jempol ke bawah untuk desain eksterior yang aneh. Hadir dengan transmisi
manual dan otomatis, membuat konsumen lebih leluasa dalam hal memilih
sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.
Performa Mesin Hyundai Matrix
Jika di luar negeri mobil ini dibekali dengan tipe mesin bensin dan
diesel, untuk versi tanah air Hyundai Matrix hanya disediakan dengan
mesin bensin. Mesin berkode G4GR ini memiliki kapasitas 1,6 liter 4
silinder dengan masing-masing 4 katup setiap silindernya yang mampu
menyemburkan tenaga maksimum hingga 103 HP pada 6.000 RPM dan torsi
puncaknya sebesar 141 Nm pada 4.900 RPM. Proses pembakarannya sangat
memadai pada kecepatan rendah sehingga mesinnya menjadi responsif pada
putaran bawah.
Foto Mesin Hyundai Matrix |
Berkat suspensi depan McPherson dan setup suspensi multilink pada bagian
belakangnya, Matrix dapat melahap berbagai tikungan tanpa gejala body
roll meskipun ukurannya termasuk tinggi. Sayangnya kesan fun to drive
dirasa masih kurang jika dibandingkan dengan rivalnya, Aveo ataupun
Jazz. Penggeremannya tergolong bagus meskipun tanpa didukung oleh
teknologi ABS.
Spesifikasi Hyundai Matrix
- Mesin: 1.6 liter G4GR 4 silinder segaris 16 katup.
- Tenaga maksimum : 103 HP @6.000 RPM.
- Torsi puncak: 141 Nm @4.900 RPM.
- Konsumsi BBM : 8-12km / L (dalam kota), 10-14km / L (luar kota).
- Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis.
- Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang multilink.
- Rival : Chevrolet Aveo, Suzuki Swift, Toyota Yaris, dan Honda Jazz.
- Penjualan : 2003-2007.
55530
12V/45A
Toko Aki di Surabaya,
Toko Aki Ultras Energia Surabaya menyediakan aki mobil merek GS Astra (basah dan Kering/MF), Yuasa dan Incoe.
Layanan
Pesan Antar bebas biaya kirim dan pasang memudahkan anda mendapatkan
aki/accu sesuai dengan kebutuhan mobil kesayangan langsung di rumah
anda.